Playlist Ulang Tahun #03

“…tumbuhlah, tumbuh menjadi yang engkau mau
janganlah sombong, jangan jadi penipu
bergembira selalu tolong orang yang tak mampu

Raya rayalah hati, pikiran juga badan
Raya Rambu Rabbani, anak desa
yang memikul beban dengan riang
lihatlah ia sedang menyapa dunia…

Playlist Ulang Tahun nomor 3 : “Raya” oleh Iwan Fals

Seperti yang pernah saya singgung di artikel playlist Ulang Tahun #02 (baca sini), satu lagu Iwan Fals lain yang saya suka dan berhubungan dengan tumbuh dewasa adalah “Raya”. Raya itu anak ketiga Iwan Fals yang lahir pada tanggal 22 Januari 2003 (Iya hafal soalnya ada di liriknya).

Dibandingkan dengan “Galang Rambu Anarki”, saya jauh lebih suka dengan lagu ini. Ketika “GRA” isinya lebih banyak kritik kondisi Indonesia dibandingkan doa orangtua kepada anak (walaupun doanya mantap), “Raya” sepenuhnya doa. Bukannya gak cinta Indonesia ya, tapi untuk lagu untuk anak, menurut saya “Raya” memang lebih manis dan tepat. Liriknya sepenuhnya cerita Raya kecil dan doa Iwan Fals untuk Raya. Doanya bukan untuk menjadi yang terkaya atau terpandai (“…tumbuhlah, tumbuh menjadi yang engkau mau“), tapi untuk selalu bahagia, bersyukur, jujur, pantang menyerah, dan membantu sesama. Cinta banget deh sama liriknya.

Raya
Raya Rambu Rabbani
(sumber: m.tempo.com, 25 Juni 2013)

Kalau diperhatikan lebih seksama, bisa dilihat perubahan Iwan Fals dari punya Galang (sebagai anak pertama) sampai akhirnya ada Raya. Nama yang dipilih Iwan saat menamakan Galang adalah Galang Rambu Anarki. Sementara nama Raya adalah Raya Rambu Rabbani. Saat Galang lahir,  kondisi Indonesia carut marut di bawah Orde Baru. Iwan berharap agar anaknya ini bisa menjadi lelaki yang kuat dan tetap menyuarakan kebenaran. Bisa menjaga Indonesia dari kekacauan. Sedangkan untuk Raya, Iwan berharap agar Raya selalu mengingat agamanya (Rabbani dalam bahasa Arab memiliki arti ‘Ilahi’). Walaupun nama Raya kesannya islami, tetapi lirik Iwan dalam “Raya” itu universal sebagai harapan yang barik dari orangtua untuk anaknya.

Lirik yang saya cantumkan di atas adalah lirik favorit saya (dari keseluruhan lagu yang sebenarnya saya cinta mati). Kayaknya kalau punya anak dari hamil bakal dikasih dengar lagu ini (dan anaknya juga diberi nama Raya, karena gak kreatif). Sekarang, sebelum punya anak, lagunya saya dengarkan sendiri untuk jadi pengingat supaya saya jadi manusia sesuai dengan lirik lagu “Raya”. Aamiin.

Seluruh daftar lagu Playlist Ulang Tahun bisa dibaca di sini.

2 thoughts on “Playlist Ulang Tahun #03”

Leave a comment